Cara Mengatasi Wanita Yang Mudah Marah Saat Haid

Mengenai menstruasi, faktanya ada banyak sekali potensi masalah yang bisa dialami wanita. Oleh karena itu, Kami merasa perlu informasi berkaitan dengan masalah haid. Yang sudah Kami sampaikan terdahulu misalnya cara mengatasi rasa nyeri saat haid, menu makanan yang wajib dihindari agar wanita tetap nyaman ketika datang bulan, dan lain-lain. Nah, kali ini Kami akan tuliskan cara mengatasi wanita yang mudah marah saat haid.

Cara Mengatasi Wanita Yang Mudah Marah Saat Haid

Sejumlah peneliti di Universitas California, AS, baru-baru ini melakukan pemindaian otak untuk meneliti mengenai kebiasaan wanita  yang begitu sensitf, mudah emosi saat mengalami haid. Kebanyakan informasi yang beredar mengatakan jika penyebab ketidakstabilan emosi tersebut karena pengaruh hormon.

Namun, dari penelitian tersebut di ungkap, ternyata pemicu lain dari masalah tersebut adalah pada kinerja otak si penderita Premenstrual Dhisporic Disoerder (PMDD) itu sendiri. Setelah diteliti, kelabilan emosi wanita ketika haid ternyata dipengaruhi oleh respon sel otak yang disebut dengan reseptor GABA.

Setelah melakukan pemindaian di beberapa penderita PMDD ditemukan fakta bahwa terjadi peningkatan aktivitas pada bagian otak kecil. Ketika otak kecil menunjukkan aktivitas yang tinggi maka emosional wanita itu akan semakin buruk.

Nah, keberadaan sel GABA adalah sebagai pengontrol dari aktivitas otak kecil tersebut. Penderita PMDD memproduksi hormone progrestero lebih banyak.

Hormon itulah yang menganggu kestabilan kinerja sel GABA. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kemarahan berlebih ketika menstruasi datang ? Berikut tips menarik dan aplikatif yang bisa dilakukan.

Tetap Nyaman Saat Datang Bulan dan Tidak Merugikan Orang Lain, Inilah Cara Mengatasi Wanita yang Mudah Marah Saat Haid

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan merupakan faktor utama jika berbcara mengenai tubuh manusia. Semua organ dalam tubuh akan mendapat nutrisi melalui makanan. Ketika menstruasi tiba perhatikanlah asupan makanan yang dikonsumsi.

Jangan terlalu banyak memakan makanan yang mengandung lemak. Perbanyaklah mengonsumsi makanan dengan zat besi dan vitamin. Mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak amat disarankan bagi para wanita yang sedang datang bulan. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman instan terlebih minuman yang mengandung alkohol maupun soda.

  1. Jangan Stress!

Perempuan seringkali dilanda stress. Filosofi perempuan lebih menggunakan perasaan ketimbang logika itu memang benar lho. Karena hal itulah wanita sering mudah kepikiran, terlalu perasa, hingga stress melanda.

Bagi penderita PMDD, stress merupakan musuh utama. Stress sebetulnya dapat ditekan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melakukan hal yang kita senangi. Seperti berwisata, jalan-jalan, belanja, nonton, dan hal-hal menyenangkan lainnya yang positif.

  1. Istirahat Cukup

Masih selaras dengan masalah stress, istirahat yang cukup adalah cara jitu untuk menghindari kelelahan pikiran, jiwa maupun fisik. Jangan terus-terusan bekerja. Istirahatlah untuk memanjakan tubuh yang lelah.

  1. Jangan Memendam Masalah!

Masalah yang dipendam sebetulnya akan berakibat fatal. Ada baiknya kita mempunyai media untuk mencurahkan isi hati. Pada pasangan, sahabat, atau siapapun yang menurut kita nyaman dan bisa dipercaya tentunya. Selain meringankan, curhat adalah salah satu cara untuk memperoleh solusi.

  1. Stop Begadang!

Jangan begadang tanpa alasan setiap hari. Organ manusia butuh istirahat. Setidaknya manusia harus tidur 7-8 jam per hari. Dengan tidur, istirahat yang diperoleh dapat maksimal. Namun, jangan lupa, tidurlah secukupnya saja. Sebab jika berlebihan juga dapat menimbulkan efek yang buruk.

Itulah serentetan alasan dan cara mengatasi wanita yang mudah marah saat haid. Jadi harus pintar-pintar mengenali gejala emosi ketika haid ya. Selama tingakat emosi masih dalam taraf wajar mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Jika dianggap berlebihan sebaiknya segera konsultasikan pada pakar kesehatan. Baca juga : Arti Warna dan Tekstur Darah Haid.

tags:

Bagikan informasi tentang Cara Mengatasi Wanita Yang Mudah Marah Saat Haid kepada teman atau kerabat Anda :

Logo FacebookLogo TwitterLogo Google+Logo Linkedin

Untuk berlangganan artikel Rikhania.Id, masukkan Email Anda :

Jangan lewatkan Artikel Terkait "Cara Mengatasi Wanita Yang Mudah Marah Saat Haid" berikut ini :

  1. Hati-hati ! Jangan Sepelekan Haid Tidak Teratur, Kenali Penyebab Dan Efek Sampingnya
  2. Hati-hati ! Kenali Lebih Dekat Gejala Polip Rahim Berikut Ini
  3. Mengenal Kesehatan Reproduksi Wanita Serta Beberapa Gangguan Yang Mungkin Dialami
  4. Darah Haid Menggumpal Berlebihan ? Waspadalah !!!
  5. Mencegah Kram Perut Saat Haid Datang Dengan 5 Cara Aman
  6. Inilah Beberapa Penyebab Telat Datang Bulan, Selain Hamil
  7. Kenalilah Perbedaan Tanda-tanda Kehamilan Dan Gejala PMS
  8. Penting, Inilah Tanda-tanda Dan Jenis Keputihan Yang Wajib Diwaspadai