Darah Haid Menggumpal Berlebihan ? Waspadalah !!!

Waspadai Darah Haid Menggumpal Berlebihan – Haid adalah peristiwa biologis alami yang terjadi pada tubuh setiap wanita. Rata-rata setiap wanita mengalami durasi haid selama 5-8 hari. Namun, ada beberapa hal yang menyebabkan wanita mengalami haid tidak lancar alias telat datang bulan.

Haid adalah mekanisme tubuh dalam mengeluarkan sel-sel telur matang yang tidak dibuahi pada dinding rahim. Haid, datang bulan atau menstruasi ini berupa gumpalan darah yang keluar melalui vagina. Darah haid yang normal cenderung berwarna merah tua atau merah cerah pekat.

Darah haid pada hari-hari pertama keluar biasanya deras dan berbentuk gumpalan. Hal ini dikarenakan siklus hari-hari pertama adalah masa dimana peluruhan darah terjadi dengan hebatnya.

Tubuh wanita memiliki zat yang berfungsi untuk menegah pembekuan darah, namanya antikoagulan. Namun pada hari-hari awal terjadinya haid, zat tersebut tidak memiliki cukup waktu untuk bekerja membekukan darah.

Itulah kenapa darah haid pada periode awal haid sekitar hari ke-1 sampai ke-3 biasanya banyak dan bergumpal.

Selanjutnya, darah akan mereda frekuensi keluarnya dan berbentuk lebih cair. Lalu, bagaimana jika darah yang keluar tetap saja berbentuk gumpalan-gumpalan pekat bahkan hingga hari-hari akhir menjelang haid berakhir ?

Bagaimana Jika Darah Haid Menggumpal Berlebihan ?

Wasapadalah Jika Darah Haid Menggumpal Berlebihan

Kondisi tersebut layak untuk diwaspadai karena jika gumpalan-gumpalan darah yang keluar tetap deras dan terus-menerus, wanita sangat rentan terkena anemia. Hal ini karena sel-sel darah merah yang keluar akibat peluruhan di dinding rahim tersebut kuantitasnya tidak seimbang dengan yang diproduksi dalam tubuh.

Anemia adalah kondisi dimana seseorang mengalami kekurangan sel darah merah sehingga tubuhnya mengalami defisit zat-zat besi yang menyebabkan tubuh menjadi lemah dan pusing.

Selain itu, gumpalan darah yang berlebihan juga dapat menjadi sinyal awal bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuh wanita. Biasanya, kista atau miom juga memiliki gejala berupa darah haid yang bergumpal.

Oleh sebab itu, perhatikanlah dengan cermat kondisi darah haid Anda, jika gumpalan darah keluar melebihi 7 hari segera konsultasikan ke dokter agar diketahui penyebab yang jelas dan penanggulannya.

Biasanya, dokter akan melakukan pengecekan berupa pertanyaan riwayat kondisi haid selama ini. Bisa jadi haid Anda pada awalnya tidak seperti itu, namun seiring dengan kondisi tubuh dan gaya hidup yang Anda anut, Anda dapat berpotensi memiliki kondisi haid dengan darah bergumpal berlebihan.

Jika Anda perhatikan, wanita yang memiliki kondisi tidak sehat pada organ reproduksinya, wanita yang menderita PCOS, miom, atau kanker rahim dapat lebih terdeteksi memiliki gejala darah haid menggumpal.

Sebagai wanita, sudah seharusnya Anda lebih memperhatikan kesehatan organ reproduksi Anda dan mencermati lebih detil haid Anda setiap bulan.

Tidak hanya jadwal datangnya saja yang harus diperhatikan, namun juga kondisi darah yang keluar saat haid dan kuantitas serta frekuensinya. Bila Anda cermat dan peduli, gangguan yang terjadi pun dapat ditangani lebih awal sehingga mencegah terjadinya suatu penyakit yang lebih serius.

tags:

Bagikan informasi tentang Darah Haid Menggumpal Berlebihan ? Waspadalah !!! kepada teman atau kerabat Anda :

Logo FacebookLogo TwitterLogo Google+Logo Linkedin

Untuk berlangganan artikel Rikhania.Id, masukkan Email Anda :

Jangan lewatkan Artikel Terkait "Darah Haid Menggumpal Berlebihan ? Waspadalah !!!" berikut ini :

  1. Hati-hati ! Jangan Sepelekan Haid Tidak Teratur, Kenali Penyebab Dan Efek Sampingnya
  2. Hati-hati ! Kenali Lebih Dekat Gejala Polip Rahim Berikut Ini
  3. Mengenal Kesehatan Reproduksi Wanita Serta Beberapa Gangguan Yang Mungkin Dialami
  4. Cara Mengatasi Wanita Yang Mudah Marah Saat Haid
  5. Mencegah Kram Perut Saat Haid Datang Dengan 5 Cara Aman
  6. Inilah Beberapa Penyebab Telat Datang Bulan, Selain Hamil
  7. Kenalilah Perbedaan Tanda-tanda Kehamilan Dan Gejala PMS
  8. Penting, Inilah Tanda-tanda Dan Jenis Keputihan Yang Wajib Diwaspadai