Mengenal Proses Perubahan Bentuk Payudara Saat Hamil Serta Kondisi Yang Dirasakan Si Calon Ibu

Mengenal Perubahan Bentuk Payudara Saat Hamil – Kehamilan adalah kado terindah bagi setiap pasangan pria wanita yang sudah menikah.

Kehamilan juga bisa dibilang sebagai kondisi yang luar biasa bagi wanita, terutama yang baru mengalami pertama kali. Ketika hamil, banyak perubahan fisik terjadi terhadap mereka, inilah salah satu kondisi luar biasa.

Tidak hanya fisik, perubahan juga terjadi pada kebiasaan lain, contohnya kebiasaan buang air kecil. Wanita hamil biasanya lebih sering buang air kecil, daripada wanita normal. Nah, kiat mengontrol kebelet pipis saat hamil tentu akan sangat membantu pada kondisi tersebut.

Kembali ke topik utama, yaitu terkait perubahan fisik pada ibu hamil. Perubahan fisik paling signifikan dan paling mudah dikenali yaitu penampilan perut dan pada bagian payudara. Kita fokuskan pada perubahan bentuk payudara saat hamil ya. Bentuk payudara wanita hamil akan berubah secara berkala sesuai dengan usia kehamilannya.

Perubahan tersebut terjadi terutama dipengaruhi oleh reaksi hormonal, juga merupakan efek samping dari produksi ASI untuk calon bayi. Untuk mengenal lebih jelas mengenai proses perubahan bentuk payudara saat hamil, yuk simak prosesnya dari awal-awal kehamilan hingga melahirkan.

Proses Perubahan Bentuk Payudara saat Hamil

Inilah Beberapa Proses Perubahan Bentuk Payudara Saat Hamil hingga Melahirkan

Kehamilan Minggu Ke-1 sampai Akhir Minggu Ke-12

Pada masa kehamilan ini, payudara akan terasa nyeri, geli, bengkak dan sangat sensitif terhadap sentuhan. Rasanya hampir sama ketika menjelang datang bulan. Ukuran payudara mulai membesar antara 1 hingga 2 cup. Selain itu, payudara juga akan terasa lebih kencang dan gatal, serta mulai timbul strech mark.

Kehamilan Minggu Ke-13 sampai Minggu Ke-26

Pada masa ini, ibu hamil akan merasakan payudaranya semakin membesar dan lebih berat. Pembuluh darah di sekitarnya semakin terlihat jelas, warna puting dan akreola semakin gelap. Bahkan mungkin juga terdapat benjolan-benjolan kecil pada sekitaran puting.

Tenang saja, itu hanya benjolan kecil dan masih sangat normal. Jangan juga panik jika secara tiba-tiba keluar cairan kuning dari payudara, karen itu adalah kolostrum. Kolostrum merupakan cairan yang paling kaya nutrisi pada ASI pertama.

Pada kasus lainnya, namun tidak terjadi pada semua wanita hamil, payudara akan mengeluarkan sedikit darah. Itu memang kondisi yang masih normal karena pengaruh membesarnya pembuluh darah. Jika itu terjadi secara berkelanjutan, Anda harus konsultasikan ke dokter ya.

Kehamilan Minggu Ke-27 sampai Akhir Kehamilan

Payudara akan semakin membesar dan penuh, sebagai tanda bahwa seorang Ibu sudah siap menyusui. Pada tahap ini kadang rasa nyeri yang terjadi lebih sering muncul. Area puting dan sekitarnya makin menghitam dan lebih besar dari kondisi normal sebelum hamil.

Tidak jarang wanita hamil akan merasakan nyeri di bagian punggung. Jika itu terjadi, solusinya adalah mengenakan bra yang nyaman yang bisa menopang payudara yang makin membesar dan berat.

Tidak Nyaman karena Perubahan Bentuk Payudara saat Hamil ? Temukan Tipsnya di Bawah ini

Kondisi perubahan di atas adalah proses yang sebenarnya normal terjadi pada wanita hamil. Namun demikian, banyak juga wanita yang merasa tidak nyaman terhadap perubahan tersebut. Nah, untuk mengatasi ketidaknyamanan itu, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini :

  1. Kenakan bra yang sesuai dengan ukuran payudara, hindari bra dengan tambahan kawat di bagian bawah cupnya. Yang paling penting, pilih bra yang terbuat dari bahan yang nyaman, seperti katun atau serat alami lainnya.
  2. Jangan mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Ya, desain pakaian-pakaian ibu hamil yang dibuat longgar memang sudah tepat, Anda bisa memilih yang seperti itu.
  3. Rajin membersihkan payudara dengan air hangat. Misalnya ketika cairan kolostrum keluar, tambahkan pemakaian sapu tangan agar tidak merembes keluar, masukkan saja sapu tangan ke dalam cup bra.

Intinya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika kondisi-kondisi yang dirasakan masih normal, seperti yang terjadi pada kebanyakan wanita hamil lainnya. Jalani setiap tahap masa kehamilan dengan penuh kesabaran hingga proses persalinan tiba. Waspada memang penting, jadi rutinkan konsultasi pada ahlinya. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://www.alodokter.com/tahapan-perubahan-bentuk-payudara-ibu-hamil

tags: ,

Bagikan informasi tentang Mengenal Proses Perubahan Bentuk Payudara Saat Hamil Serta Kondisi Yang Dirasakan Si Calon Ibu kepada teman atau kerabat Anda :

Logo FacebookLogo TwitterLogo Google+Logo Linkedin

Untuk berlangganan artikel Rikhania.Id, masukkan Email Anda :

Jangan lewatkan Artikel Terkait "Mengenal Proses Perubahan Bentuk Payudara Saat Hamil Serta Kondisi Yang Dirasakan Si Calon Ibu" berikut ini :

  1. Tips Agar Terlihat Cantik Saat Hamil
  2. Tips Jitu Dalam Mencegah Kehamilan Sebagai Ikhtiar Atur Selisih Usia Anak
  3. Tips Mengontrol Kebelet Pipis Pada Ibu Hamil Agar Selalu Merasa Nyaman