Hati-hati ! Jangan Sepelekan Haid Tidak Teratur, Kenali Penyebab Dan Efek Sampingnya

Seperti yang kita tahu, haid tidak teratur, merupakan kondisi di mana seorang wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, bisa lebih cepat dari yang seharusnya atau malah lebih lambat.

Jadwal Haid Tidak Teratur

Untuk haid tidak teratur, yang lambat datang, biasanya datangnya haid tersebut setelah lewat beberapa bulan atau bahkan ada yang sama sekali tidak lagi mengalami haid setelah beberapa tahun.

Kondisi tersebut jelas menimbulkan tanda tanya besar dan menyebabkan kekhawatiran pada wanita yang mengalaminya. Untuk itu harus segera dicarikan solusinya. Namun sebelumnya, alakah lebih baik kalau mengetahui lebih dulu penyebab jadwal datang bulan tidak teratur dan efek yang wajib diwaspadai.

Berbagai Penyebab Haid Tidak Teratur / Lancar

  1. Kehamilan

Saat hamil, umumnya memang mengalami masa menstruasi yang terhenti. Untuk itu, sangat disarankan jika tiba-tiba telat datang bulan, untuk memeriksakan diri ke Dokter atau mengecek dengan alat pendeteksi kehamilan. Jika memang anda positif hamil, berarti memang normal Anda mengalami telat datang bulan. Tetapi bila negatif, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kepercayaan Anda.

  1. Alat Kontrasepsi yang Tidak Tepat

Di banyak kasus, beberapa alat kontrasepsi, ternyata dapat memicu terjadinya haid tidak teratur. Biasanya penggunaan alat kontrasepsi, misalnya IUD bentuk spiral atau kadang pil KB, justru membuat perubahan siklus haid serta memunculkan flek saat masa- masa menstruasi Anda.

Kebanyakan kasus, kontrasepsi IUD, dapat memicu darah haid keluar lebih banyak dari biasanya bahkan ada yang disertai dengan sakit perut. Selain pemakaian alat kontrasepsi, temukan juga tips jitu lainnya dalam mencegah kehamilan sebagai ikhtiar atur selisih usia anak.

  1. Pola Hidup yang Kurang Sehat

Melakukan pola hidup yang sehat, merupakan keharusan bagi yang tidak mau mengalami haid tidak lancar. Karena pola hidup yang tidak sehat, yang hingga menyebabkan penurunan berat badan serta hal lainnya, bisa berdampak kepada siklus haid. Namun, Anda juga harus memperhatikan beberapa menu makanan yang wajib dihindari ketika haid agar tetap merasa nyaman.

  1. Sindrom Polikistik

Sindrom ini memang salah satu gejala yang sering muncul saat seorang wanita di vonis mengidap kista kecil, yang terletak di indung telur. Dan kemunculan kista tersebut, bisa membuat hormon di dalam tubuh jadi tidak seimbang.

Sindrom polikistik bisa juga membuat proses pelepasan telur sedikit terganggu. Dan semua itu bisa berdampak pada siklus menstruasi serta banyak tidaknya mengeluarkan darah saat haid. Kenali juga beberapa jenis penyakit atau gangguan pada organ intim wanita lainnya agar Anda selalu waspada.

Efek Samping yang Wajib Diwaspadai dari Haid yang Tidak Lancar

Biasanya efek samping yang terjadi, dari haid tidak lancar ini adalah terjadinya komplikasi yang sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuburan wanita, serta parahnya lagi bisa menyebabkan osteroporosis.

Jadi, resiko terburuk dari seorang wanita yang sering mengalami haid tidak lancar adalah sulit untuk mempunyai keturunan.

Nah, mulai saat ini sebaiknya Ibu-ibu tidak menyepelekan masalah ini, jika Anda sering mengalami haid yang tidak teratur, datang tidak sesuai jadwal, atau bahkan tidak datang sama sekali hingga berbulan-bulan, maka wajib untuk segera pergi ke dokter, dan konsultasikan masalah anda.

Dan buat anda yang saat ini menstruasi atau haidnya normal, sebaiknya hindari beberapa hal atau penyebab yang memicu haid tidak teratur atau tidak lancar. Nah demikian ulasan kali ini, semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat buat pembaca semua.

Apakah yang Harus Dilakukan jika Siklus Haid Tidak Teratur ?

Kalau diperhatikan penyebab haid tidak lancar di atas, kebanyakan karena faktor dalam. Artinya, untuk menghindari ini, mengubah pola hidup merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh.

Mulailah untuk melakukan gaya hidup sehat seperti pola makan teratur, cukupi nutrisi tubuh, cukup istirahat, hindari stres berlebihan, dan lain-lain.

Bolehkah mengkonsumsi obat tertentu untuk mengatasi masalah Haid tidak lancar ? Kadang kala tubuh Kita juga memerlukan suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Namun, harus diperhatikan bahwa suplemen yang akan Anda konsumsi tersebut aman bagi kesehatan.

Contoh suplemen untuk wanita yaitu Harumi, merupakan herbal yang diformulasikan khusus untuk kesehatan kewanitaan, sebagai antioksidan dan antikuman, atasi keputihan dan bau tak sedap pada Miss V, serta baik untuk kesehatan secara umum.

Harumi Herbal Kewanitaan ini terbuat dari bahan-bahan alami saja, sudah memiliki Legalitas lengkap dari BPOM dan Halal LP-POM MUI. Jadi, produk ini sangat direkomendasikan ya…

tags: , , , ,

Bagikan informasi tentang Hati-hati ! Jangan Sepelekan Haid Tidak Teratur, Kenali Penyebab Dan Efek Sampingnya kepada teman atau kerabat Anda :

Logo FacebookLogo TwitterLogo Google+Logo Linkedin

Untuk berlangganan artikel Rikhania.Id, masukkan Email Anda :

Jangan lewatkan Artikel Terkait "Hati-hati ! Jangan Sepelekan Haid Tidak Teratur, Kenali Penyebab Dan Efek Sampingnya" berikut ini :

  1. Inilah Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan Dan Kesehatan
  2. Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami Dan Mudah
  3. Hati-hati ! Kenali Lebih Dekat Gejala Polip Rahim Berikut Ini
  4. Mengenal Kesehatan Reproduksi Wanita Serta Beberapa Gangguan Yang Mungkin Dialami
  5. Cara Mengatasi Wanita Yang Mudah Marah Saat Haid
  6. Mencegah Kram Perut Saat Haid Datang Dengan 5 Cara Aman
  7. Inilah Beberapa Penyebab Telat Datang Bulan, Selain Hamil
  8. Inilah 5 Penyebab Keputihan Tidak Normal Yang Wajib Diketahui Para Wanita