Mengenal Kesehatan Reproduksi Wanita Serta Beberapa Gangguan Yang Mungkin Dialami

Kesehatan Reproduksi Wanita – Alat reproduksi wanita adalah bagian tubuh perempuan yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Wanita sangat retan terhadap penyakit karena setiap bulan wanita mengalami siklus hormon menstrurasi bahkan memasuki fase melahirkan dan menopause.

Bagi seorang perempuan, kesehatan tubuh khususnya kesehatan reproduksi wanita sangat penting. Kesehatan reproduksi meliputi alat reproduksi dan proses reproduksi. Ada banyak tips menjaga kesehatan sistem reproduksi yang bisa wanita terapkan agar berfungsi sebagaimana mestinya,  sehat luar dan dalam.

Menjaga kesehatan reproduksi biasanya sudah diajarkan sejak dini kepada anak-anak bahkan sebelum memasuki masa haid. Tujuannya agar anak perempuan faham bahwa mereka memiliki peranan penting untuk menjaga sistem reproduksi agar bisa memiliki keturunan saat tumbuh dewasa kelak.

Bermacam Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita

Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita

Setiap wanita wajib melakukan perawatan terhadap alat reproduksinya, karena perempuan sangat rentan terhadap penyakit yang diakibatkan oleh infeksi atau virus. Saat wanita mengalami haid, kekebalan tubuh wanita melemah sehingga mudah terjangkit virus atau bakteri. Berikut ini adalah jenis gangguan kesehatan reproduksi yang biasa terjadi pada wanita :

  1. Siklus Mensturasi yang Tidak Teratur

Siklus mensturasi yang normal adalah 21 sampai 35 hari, masa haid selama 3 sampai 10 hari. Baca : Hal-hal yang Menyebabkan Telat Datang Bulan selain karena Hamil.

Dalam kasus gangguan reproduksi, gangguan mensturasi dibagi menjadi 2 yaitu kasus Amenore Primer dimana seseorang seharusnya sudah mengalami siklus haid namun belum terjadi. Lalu kasus Amenore Sekunder dimana seorang perempuan mengalami mensturasi namun terhenti hingga 3 sampai 6 bulan.

  1. Kanker pada Sistem Reproduksi

Kanker rahim, kanker serviks dan penyakit yang menyerang sistem  reproduksi merupakan gangguan terhadap kesehatan reproduksi wanita. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan pertumbuhan sel tidak wajar pada bagian organ wanita.

  1. Infertilisasi Sistem Reproduksi

Dampak buruk infertilisasi adalah kemandulan dimana seorang wanita kehilangan kesempatan mengalami masa subur sehingga tidak mampu mengalami pembuahan. Ada beberapa kasus inferlitisasi bisa disembuhkan namun perlu keseriusan dan proses yang panjang.

  1. Gangguan Endometriosis

Gangguan endometriosis menyebabkan rasa nyeri pada pinggang atau bagian perut saat mensturasi. Kondisi ini disebabkan jaringan endometriosis berada diluar jalur sebenarnya. Baca : Tips Mengatasi Nyeri Haid.

  1. Inveksi pada Vagina

Infeksi pada vagina bisa berupa penyakit organ kewanitaan yang mengganggu kenyamanan dan kesehatan wanita. Infeksi ini bisa berupa keputihan, bau tidak segar dan gatal-gatal pada organ kewanitaan. Segera tangani infeksi ini agar tidak berdampak buruk bagi kesuburan atau sistem reproduksi wanita.

  1. Gangguan Mola Hidalidosa

Gangguan mola hidalidosa atau biasa dikenal dengan istilah hamil anggur adalah saat dimana seorang wanita mengalami gejala seperti hamil namun tidak mengalami pertumbuhan janin dalam rahim.

Yang terjadi hanya gelembung-gelembung yang mengalami pembekuan. Bagi yang mengalami kondisi hamil anggur ini harus membersihkan gelembung-gelembung tersebut agar tidak terjadi pendarahan serius yang berujung sampai kematian.

Uraian tersebut di atas adalah beberapa gangguan yang biasa terjadi pada sistem reproduksi wanita. Jaga kesehatan sistem reproduksi agar senantiasa sehat dan organ reproduksi berfungsi dengan baik. Demikian, mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa ikuti terus tips-tips kesehatan kewanitaan di blog ini.

Lendir Berlebihan dan Bau Tak Sedap pada Miss V apakah termasuk Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita ?

Mencegah Bau Tak Sedap

Jawabannya ya, karena normalnya organ intim wanita tersebut memiliki bau khas, bukan bau tak sedap. Setiap wanita tentu bisa membedakan sendiri, antara yang normal dan tidak normal. Demikian juga dengan keluarnya lendir secara berlebihan yang biasanya disebabkan oleh jamur.

Karena kedua masalah tersebut tidak bisa disepelekan dan bisa mengganggu keharmonisan rumah tangga, maka harus segera diatasi.

Masalah bau tak sedap pada organ kewanitaan bisa dihindari jika kesadaran akan kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan diperhatikan.

Jika kesehatan organ intim wanita tidak diperhatikan, bisa saja akan timbul jamur yang kalau tidak segera diatasi akan mengakibatkan keluarnya cairan keputihan yang tidak beraturan.

Harumi Herbal Perawatan Kewanitaan merupakan produk herbal Halalan Thayyiban yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan organ intim wanita, sehingga kesehatannya terjaga.

Harumi Herbal Perawatan Kewanitaan

Harumi terbuat dari sinergi herbal yang secara empiris digunakan untuk membantu mengurangi bau tak sedap pada organ intim wanita, mengurangi bau badan, mengurangi lendir berlebihan, serta menjaga kesehatan secara umum.

Ekstrak Herbal Alam Harumi HPAI merupakan produk spesial untuk para wanita yang ingin sehat luar dan dalam. Herbal Anti-oksidan dan Antikuman yang sudah memiliki Legalitas Halal LPPOM MUI : 00130056471010 dan BPOM : POM TR 133328121.

tags: , , , ,

Bagikan informasi tentang Mengenal Kesehatan Reproduksi Wanita Serta Beberapa Gangguan Yang Mungkin Dialami kepada teman atau kerabat Anda :

Logo FacebookLogo TwitterLogo Google+Logo Linkedin

Untuk berlangganan artikel Rikhania.Id, masukkan Email Anda :

Jangan lewatkan Artikel Terkait "Mengenal Kesehatan Reproduksi Wanita Serta Beberapa Gangguan Yang Mungkin Dialami" berikut ini :

  1. Inilah Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan Dan Kesehatan
  2. Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami Dan Mudah
  3. Hati-hati ! Jangan Sepelekan Haid Tidak Teratur, Kenali Penyebab Dan Efek Sampingnya
  4. Hati-hati ! Kenali Lebih Dekat Gejala Polip Rahim Berikut Ini
  5. Cara Mengatasi Wanita Yang Mudah Marah Saat Haid
  6. Mencegah Kram Perut Saat Haid Datang Dengan 5 Cara Aman
  7. Inilah Beberapa Penyebab Telat Datang Bulan, Selain Hamil
  8. Inilah 5 Penyebab Keputihan Tidak Normal Yang Wajib Diketahui Para Wanita