Mengatasi Rasa Nyeri Saat Haid

Mengatasi Rasa Nyeri Saat Haid – Wanita yang memiliki siklus hormonal sehat akan mengalami datang bulan secara rutin. Saat menstruasi  tidak jarang seorang wanita harus mengalami rasa nyeri di perut. Hal ini merupakan kondisi normal  yang biasa dialami oleh seorang wanita.

Namun, tidak jarang rasa nyeri ini bisa mengganggu aktifitas wanita apabila terasa berlebihan. Banyak wanita yang mencoba mengatasi rasa nyeri dengan membeli obat-obatan penghilang nyeri haid. Ini jelas sangat tidak disarankan karena obat-obatan yang dikonsumsi belum tentu terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Apabila dikonsumsi terus menerus bisa jadi malah menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Obat penghilang rasa nyeri haid yang beredar di pasaran banyak yang berasal dari proses kimia dan bukan bahan alami.

Penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan penyakit serius di masa datang, seperti berbagai penyakit kanker rahim atau kista. Padahal kesehatan reproduksi sangat penting untuk dijaga. Lantas bagaimana cara mengatasi rasa nyeri saat haid yang benar ? Berikut di bawah ini ulasan lengkapnya.

Mengatasi Rasa Nyeri Saat Haid

Mengatasi Rasa Nyeri Saat Haid dengan Cara Alami

Kurangi konsumsi obat-obatan pereda nyeri haid, dan mulai gunakan cara alami untuk meredakan nyeri haid, perhatikan juga menu makanan yang wajib dihindari saat haid agar tetap nyaman. Berikut adalah ramuan dan cara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri haid.

  1. Kompres Air Hangat.

Saat nyeri haid datang, gunakan kompresan air hangat pada bagian bawah perut. Tempatkan air hangat di dalam botol lalu letakkan di bagian perut yang terasa sakit. Selain botol, bisa juga menggunakan media kantong karet atau handuk hangat. Setelah perut di kompres, bisa dilanjutkan dengan pemijatan ringan agar perut terasa lebih rileks.

Dengan menggunakan kompres hangat dapat membuat otot tubuh lebih rileks karena peningkatan suhu mampu membantu proses pelebaran pembuluh darah untuk memperlancar peredaran darah sehingga menetralisir rasa nyeri.

  1. Kompres Air Dingin.

Masukan air dingin dalam kantong atau gunakan kantong berisi batu es biasa disebut cold pack yang biasa dijual di toko obat atau apotik. Cara lain bisa menggunakan handuk yang direndam dalam air dingin lalu tempelkan pada perut yang terasa nyeri.

Cara ini memberi efek pembuluh darah penguncup dan penurunan metabolik, efek kompres air dingin membantu mengontrol perdarahan, menurunkan aktivitas ujung saraf pada otot, pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri.

  1. Konsumsi Air Kelapa Hijau

Sejak jaman dahulu air kelapa hijau dipercaya sebagai obat untuk mengobati berbagai penyakit, seperti keracunan makanan hingga obat nyeri haid. Campurkan air kelapa hijau dengan gula merah atau gula kelapa. Minum 3 hari menjelang haid 2 kali sehari untuk menghidari nyeri haid berlebih saat haid datang.

Beberapa cara mengatasi dan menghindari nyeri haid tersebut dapat dicoba agar saat datang bulan aktivitas tidak terganggu dan tetap merasa nyaman. Cara alami dan herbal bisa mengatasi nyeri haid tanpa memberi efek samping berbahaya. Sebaliknya mengkonsumsi obat-obatan akan menyebabkan anda terkena penyakit yang berbahaya di masa akan datang.

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid dengan Harumi Herbal

Saat sedang datang bulan, wanita mengalami perubahan kondisi tubuh ( hormonal ) dan emosi, ini karena ada proses alami keluarnya darah yang biasa dan rutin. Apabila mengalami masalah pada kondisi rutin tersebut, misalnya siklus haid tidak lancar, ada nyeri-nyeri yang tidak tertahankan dan lainnya, Anda bisa mengkonsumsi Harumi Herbal Perawatan Kewanitaan.

Harumi Herbal Perawatan Kewanitaan

Harumi Herbal merupakan sinergi herbal alami yang diformulasikan khusus untuk perawatan kewanitaan, di antaranya Membantu Mengatasi Nyeri Haid, Melancarkan Haid, Mengurangi Bau Badan dan Bau pada Organ Intim, serta Baik untuk Kesehatan Tubuh Wanita secara umum.

tags: , , , , , , ,

Bagikan informasi tentang Mengatasi Rasa Nyeri Saat Haid kepada teman atau kerabat Anda :

Logo FacebookLogo TwitterLogo Google+Logo Linkedin

Untuk berlangganan artikel Rikhania.Id, masukkan Email Anda :

Jangan lewatkan Artikel Terkait "Mengatasi Rasa Nyeri Saat Haid" berikut ini :

  1. Inilah Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan Dan Kesehatan
  2. Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami Dan Mudah
  3. Hati-hati ! Jangan Sepelekan Haid Tidak Teratur, Kenali Penyebab Dan Efek Sampingnya
  4. Hati-hati ! Kenali Lebih Dekat Gejala Polip Rahim Berikut Ini
  5. Mengenal Kesehatan Reproduksi Wanita Serta Beberapa Gangguan Yang Mungkin Dialami
  6. Cara Mengatasi Wanita Yang Mudah Marah Saat Haid
  7. Mencegah Kram Perut Saat Haid Datang Dengan 5 Cara Aman
  8. Inilah Beberapa Penyebab Telat Datang Bulan, Selain Hamil
  9. Inilah 5 Penyebab Keputihan Tidak Normal Yang Wajib Diketahui Para Wanita