Penyebab Nyeri Saat Berhubungan Seks Yang Terjadi Pada Wanita

Penyebab Nyeri Saat Berhubungan Seks – Bercinta seharusnya menjadi waktu yang ditunggu bagi anda dan pasangan, namun survey menyatakan bahwa 30% wanita justru merasa sakit dan tidak menikmati hubungan seks dengan pasangan.

Hal ini tentu menjadi masalah karena bagi pria berhubungan seks adalah suatu kebutuhan, dan hendaknya hal tersebut diimbangi dengan perasaan yang dimiliki juga oleh pasangan. Rasa sakit yang ditimbulkan saat berhubungan seks merupakan sinyal dari tubuh yang menyampaikan ada sesuatu yang salah.

Kondisi wanita yang kurang bergairah saat berhubungan seks bisa jadi sebagai penyebab tidak langsung timbulnya berbagai keluhan seperti rasa nyeri tersebut. Untuk itu, suami harus mengerti betul cara membangkitkan libido istri sebelum berhubungan intim. Nah, berikut ini ada beberapa kondisi wanita yang mengurangi kualitas hubungan seks dengan pasangan, silakan disimak.

Penyebab Nyeri Saat Berhubungan Seks

Situasi dan Kondisi Wanitacyang Menjadi Penyebab Nyeri saat Berhubungan Seks

  1. Vagina Kering

Jika vagina kering, penetrasi akan terasa menyakitkan karena kondisi vagina belum cukup licin. Penting untuk diketahui bahwa mandi air hangat bisa mengeringkan cairan vagina, begitu pula pil KB dan obat alergi. Cara mengatasinya cobalah menggunakan cairan pelumas sebelum bercinta. Baca juga : 6 Cara Alami Mengatasi Vagina Kering.

  1. Tanpa Pemanasan

Waktu terangsang wanita lebih lama dibanding pria. Ketika pria ingin langsung melakukan penetrasi padahal wanita belum cukup terangsang tentu membuat kelamin wanita merasakan kesakitan. Cara mengatasinya lakukan foreplay lebih lama dengan pasangan.

  1. Stress

Aktivitas yang padat dalam bekerja dan tekanan tentu bisa mengganggu kegiatan seks . Saat melakukan seks kondisi rileks sangat diperlukan. Cara mengatasi coba melakukan aktifitas menyenangkan sebelum melakukan hubungan intim, lakukan dengan pasangan, bisa olahraga ringan atau yoga.

  1. Infeksi Kelamin

Infeksi kelamin bisa menjadi penyebab sakit saat bercinta, contoh infeksi kelamin seperti infeksi jamur atau herpes. Umumnya, wanita yang tidak tahu dirinya terinfeksi jamur, hal ini bisa menyebabkan perubahan pada vagina atau vulva yang memberi rasa sakit saat melakukan hubungan seks. Wanita juga wajib mengetahui ini : Jenis-jenis Gangguan Vagina atau Penyakit pada Organ Intim Wanita.

Cara mengatasinya konsultasikan ke dokter untuk menyembuhkan infeksi tersebut. Kebanyakan infeksi kelamin disembuhkan hanya  dengan bantuan obat-obatan.

  1. Iritasi Usus

Organ intim wanita sangat retan terhadap paparan kotoran, kotoran yang menjangkiti organ intim wanita bisa beresiko pada rasa sakit saat berhubungan seks. Iritasi usus mungkin sudah umum terjadi, namun ini bisa menyakitkan saat bercinta. Umumnya wanita yang mengalami gejala kram usus, sembelit atau diare akan merasakan sakit saat berhubungan badan.

Cara mengatasinya konsultasikan ke dokter akan rasa sakit tersebut. Ada banyak cara mengatasinya seperti, obat-obatan, mengubah pola diet dan kurangi stress.

  1. Menopause

Kondisi menopause selain mempengaruhi kadar pelumas yang diproduksi juga menyebabkan vagina dan vulva lebih sensitif yang menyebabkan rasa sakit saat berhubungan. Cara mengatasinya konsultasikan ke dokter agar untuk mendapat perawatan dan menikmati gairah seks.

Ada juga yang merasakan sakit saat berhubungan hanya sementara, hal ini berarti normal. Setiap orang pasti mengharapkan bisa menikmati saat melakukan hubungan seks, uraian penyebab nyeri saat berhubungan seks dan cara mengatasinya di atas semoga menjadi solusi untuk yang menghadapi masalah sakit saat bercinta.