4 Penyebab Sulit Hamil Meski Rutin Berhubungan Seks

Penyebab Sulit hamil – Beberapa pasangan walaupun sudah rutin berhubungan seks masih saja sulit hamil dan memiliki keturunan. Hal ini tentu membuat kecewa karena salah satu tujuan pernikahan adalah memiliki keturunan.

Penyebab kesulitan hamil tak hanya karena faktor hormon, frekuensi berhubungan seksual, cara berhubungan seks / posisi seks, faktor makanan yang dikonsumsi dan kadar stress ternyata bisa mempengaruhi kesempatan seseorang memiliki keturunan.

Penyebab Sulit Hamil

4 Penyebab Sulit Hamil Meski Rajin Berhubungan Seks

Kesempatan wanita untuk bisa hamil harus terlebih dahulu memasuki masa ovulasi dan melakukan hubungan seksual di masa tersebut. Setelah memasuki masa ovulasi, sel telur hanya bertahan hingga 24 jam. Berikut adalah beberapa penyebab wanita sulit hamil.

  1. Siklus Mensturasi Tidak Lancar

Banyak wanita yang kurang memperhatikan siklus menstruasi mereka. Wanita umumnya mengetahui bahwa siklus haid yang normal adalah 28 hari, yang sebenarnya terjadi setiap wanita memiliki siklus menstruasi berbeda-beda.

Beberapa wanita mengalami siklus lebih panjang dan ada juga yang lebih pendek. Lakukanlah hubungan seks sebelum masa ovulasi datang. Sel sperma yang baik mampu bertahan hidup kurang lebih 3 hari dalam rahim wanita.

Maka pada masa tunggu tersebut, sel telur yang dikeluarkan berpotensi meningkatkan peluang kehamilan pada wanita. Baca juga : Inilah Beberapa Penyebab Telat Datang Bulan, selain Hamil.

  1. Stress dan Depresi

5 Penyebab Keputihan Tidak Normal

Wanita yang stress dan depressi menyebabkan ketidakseimbangan produksi hormon estrogen yang mempengaruhi kesuburan. Kondisi ini bisa memperlambat terjadinya ovulasi.

Pemicunya karena lendir cerviks berkurang drastis bankan bisa kering. Dampak ovulasi yang tidak lancar menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur sehingga suami istri kesulitan menentukan masa subur.

Hal tersebut menyebabkan kehamilan tertunda, meski aktif berhubungan seks namun tidak terjadi fertilisasi atau pembuahan karena tidak berada dalam masa ovulasi / masa subur.

  1. Berat Badan

Kekurangan serta kelebihan berat badan sangat mempengaruhi kesuburan wanita. Wanita terlalu gemuk atau terlalu kurus akan sulit hamil meski aktif berhubungan badan. Dampak terlalu gemuk akan mengganggu metabolisme tubuh yang mempengaruhi datangnya masa subur.

Solusinya dengan melakukan diet agar mendapat berat badan ideal, Fungsi reproduksi wanita berjalan normal dengan berat badan yang ideal. Jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan kesehatan reproduksi agar sehat luar dalam.

  1. Kurang Istirahat / Kurang Tidur

Saat tidur, tubuh akan memproduksi hormon tertentu yang memungkinkan tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel/jaringan, meremajakan dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Siklus reproduksi bisa terganggu jika kekebalan tubuh menurun. Kurang tidur juga menyebabkan stress atau cemas yang mengganggu masa ovulasi pada wanita. Sehingga kurang tidur bisa menyebabkan wanita susah hamil.

Mengetahui faktor penyebab sulit hamil sangat penting, apabila terlalu lama belum mendapat keturunan maka mulai memeriksakan diri ke dokter. Namun, yang juga sangat penting yaitu biasakan pola hidup sehat, selalu menjaga pola makan, menjaga kesehatan sehingga suami istri selalu sehat dan bugar.